Bahasa dan Sastra Indonesia

AKU ADALAH BAHASAMU



Oleh: Linda Petriyana

Dulu... Sejak Sriwijaya masih bertahta, yang kutahu aku adalah bahasa
Berjalan meski langkah bukan hanya sekedar lunglai dan terseok
Lalu, Sang Prabu turun tahta, namun yang kutahu disitu aku masih tetaplah bahasa

Yang mungkin angin lewat mulai merasa asing karena disitu aku hanyalah bahasa
Kau ganti nadaku, kau ubah gayaku, kau tekankan dialekmu
Namun tak mengapa, karena yang pasti aku masih tetap menjadi bahasa
Sampai sekelilingku dikerumuni penjajah tak berperasaan
Tetap kau pegang erat tanganku, merintih kepadaku
Kenapa kepadaku? Aku ini hanyalah bahasa
Lalu... sekarang sudah zamannya modernisasi
Aku terlalu takut, sangat takut, kau berlari meninggalkanku
Meninggalkan aku disudut ruang nan pengap tak berudara, menangis, sepi, sunyi tak bersuara
Sedang kau asyik tertawa dengan dia yang sama sekali berbeda denganku
Jangan... jangan lakukan itu kepadaku
Aku tak ingin kau tak tersipu melihat wajahmu lagi
Karena aku ini cermin, dan aku ini adalah bahasamu
Malang, 29 September 2015
0 Komentar untuk "AKU ADALAH BAHASAMU"

Back To Top